Palangka Raya Menuju Pelayanan Pendidikan Inklusif
20 September 2024, 08:15:44 Dilihat: 158x
Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya kini berusaha membangun empat sekolah yang dijadikan rujukan dan pilot projet sekolah pendidikan inklusif. Nantinya secara bertahap seluruh sekolah dari tingkat TK hingga SMP akan diarahkan untuk bisa menjadi sekolah inklusif dengan melayani anak berkebutuhan khusus.
Kepada RRI, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Jayani, Kamis (19/09/2024) mengatakan sekolah inklusif adalah sekolah khusus atau sekolah formal umum yang menerima dan melayani anak dan siswa berkebutuhan khusus secara tidak langsung menangani anak anak yang memiliki keterbatasan. Saat ini setiap sekolah formal didorong untuk memiliki kewajiban menerima anak berkebutuhan khusus.
Dengan demikian, sekolah sekolah di Palangka Raya kini mulai mempersiapkan diri menerima anak berkebutuhan khusus. Sekolah diminta untuk terus berbenah dan memiliki bekal pengetahuan dan pendidikan dasar untuk menangani pendidikan inklusif.
“Saat ini tercatat ada sekitar 126 anak berkebutuhan khusus yang tersebar di TK hingga SMP di Palangka Raya yang wajib dilayani. Sementara ada 4 sekolah percontohan yang disiapkan untuk nantinya menjadi sekolah inklusif. “, ujarnya.
Sementara itu, seorang Kepala Sekolah SDN 4 Palangka Raya, Hartani menyatakan komtimen untuk merintis pendidikan inklusif dengan bekal pengetahuan yang sudah diperoleh. Ia mengajak kalangan guru untuk mematuhi bahwa semua anak berhak mendapatkan layanan pendidikan yang layak dan berkualitas, Hal ini merupakan sebuah konsep dasar dimana ada amanah dari Pemerintah, orang tua dan Tuhan.
“Hal ini akan lebih efektif dengan memulainya dengan merubah pola pikir dengan cara menerima dan menyadari bahwa bagian dari rancangan Tuhan yang maha esa”, ujarnya.
Penyediaan sekolah inklusif merupakan sebuah misi besar untuk memberikan layanan pendidikan yang adil dan merata kepada semua anak didik tanpa melihat kondisinya. Diharapkan hal ini, bisa memberikan kemajuan bagi anak berkebutuhan khusus tanpa terkecuali.