Para pengembang aplikasi dan games asal Indonesia dinilai memiliki potensi yang tidak kalah hebat dari pengembang asing. Melihat potensi itu, provider seluler XL Aviata pun berencana merangkul dan mengembangkan potensi para pengembang lokal.
Setidaknya, ada lima pengembang games yang telah bekerja sama dengan XL. Jumlah ini pun disebut akan terus bertambah. Apalagi saat ini Indonesia merupakan negara dengan pengguna jejaring sosial Facebook dalam jumlah besar, dan sejumlah games banyak yang menggunakan platform Facebook.
“XL melihat peluang yang sangat besar pada bisnis layanan games. Setidaknya di Indonesia terdapat sekitar 40 juta pengguna Facebook, 20 juta FB gamers, belum lagi mobile game dan online game," kata Direktur Teknologi, Content and New Business XL, Dian Siswarini.
"Di sisi lain, kami juga melihat besarnya potensi yang ada pada para pengembang lokal Indonesia, yang banyak di antaranya prestasinya cukup dikenal di luar negeri,“ lanjutnya.
Dian juga menjelaskan, XL akan membuka diri untuk bekerja sama dengan sebanyak mungkin pengembang games lokal yang potensial. XL akan membantu mereka untuk menjual atau me-monetize karya mereka dengan memanfaatkan jaringan XL. Ini termasuk juga menjembatani transaksi antara publisher/CP dengan pengguna games atau online games.
Saat ini, partner layanan Games yang bekerjasama dengan XL, antara lain 3 top game publisher yaitu EA, Gameloft, dan Squarenix. Sementara itu, partner lokal, antara lain Toge Production, Agathe, Gamemachi, dan Credoland.
Selain itu, XL juga meluncurkan KotaGames. Ini merupakan games sosial berbasis WAP, dengan sejumlah game seperti Monster Fight, Club Wars, dan lainnya.
• VIVAnews